SIFAT n DERAJAT METABOLISME MAKANAN

12 Mar

Dalam kedokteran Islam, para dokter muslim mendefinisikan sifat makanan menjadi dua macam, yaitu makanan yang memiliki sifat panas dan makanan yang memiliki sifat dingin.

Dalam bukunya AL-Qaanun Fiththiib, Ibnu Sina membagi derajat metabolisme makanan menjadi empat derajat, yaitu panas atau dingin derajat satu, derajat dua, derajat tiga, dan derajat empat. Makanan yang termasuk derajat satu yaitu makanan yang mempengaruhi fisik, tetapi tidak tampak jelas atau yang efeknya tidak langsung dirasakan.

Makanan derajat metabolisme dua menyebabkan perubahan metabolisme tubuh, tetapi akhirnya dapat dikuasai oleh tubuh. Semua bahan gizi (nutrisi) termasuk dalam kategori ini, Secara fisik, perubahan pada tubuh setelah mengonsumsi makanan derajat metabolisme dua bisa dirasakan, misalnya tubuh merasa hangat dan panas. Bahan nutrisi tidak dipakai sebagai obat, melainkan digunakan sebagai cara awal dalam menanggulangi masalah kesehatan. Contoh makanan derajat dua yaitu kurma, kenari, dan wijen.

Makanan derajat metabolisme tiga memiliki ciri tidak dipengaruhi oleh tubuh, tetapi memengaruhi tubuh. Semua bahan obat termasuk dalam kriteria ini sehingga perlu kehati-hatian dalam penggunaannya. Penggunaan yang terus menerus menyebabkan tekanan terhadap fungsi-fungsi tubuh tertentu. Oleh karena itu, obat tradisional (alami) tetap memiliki dosis dan masa pakai tertentu. Contoh makanan derajat tiga yaitu jintan hitam, kayu manis, temu lawak, sambiloto, dan bawang putih.

Makanan derajat metabolisme empat yaitu makanan yang dapat menghentikan fungsi tubuh. Adapun makanan yang termasuk kategori ini yaitu racun dan sebagian besar obat kimia. Obat kimia adalah zat yang bekerja menekan fungsi-fungsi tubuh tertentu. Namun, beberapa herbal, juga termasuk kategori racun sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter atau ahli pengobatan yang menguasai ilmu pengobatan herbal. Contoh makanan derajat empat yaitu kunyit putih, keladi tikus, tapak dara, pegagan, singkong genderuwo, dan benalu.

(My Doctor)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s